Selasa, 16 Desember 2014

Ospek Jurusan Sastra Indonesia 2014

Jam sepuluh pagi tepat tanggal 8 Desember 2014, Mahasiswa baru (maba) Fakultas Sastra jurusan Sastra Indonesia, mengikuti ospek jurusan. Bertempat di daerah Garahan-Sumberjambe kabupaten Jember. Acara ini diikuti lebih dari 70 peserta dengan lengkap menggunakan atribut yang diwajibkan dan barang-barang yang sudah ditentukan panitia. Pemberangkatan diawali dengan berdo'a bersama, setelah itu kami semua berangkat menggunakan transportasi truk. Untuk menampung panitia dan peserta dibutuhkan 2 truk, kemudian tepat jam 12 kami  sampai di sana.

Sesampainya di Garahan kami semua langsung menuju lapangan untuk upacara pembukaan. Setelah upacara selesai, kami melanjutkan perkenalan tiap kelompok. Aku mendapatkan kelompok 8 bernama gugus Emha Ainun Najib. Semua kelompok diberi nama gugus dari nama-nama sastrawan yang terkenal di Indonesia setelah perkenalan kelompok dilanjutkan yel-yel. Kelompok ku cukup lama menunggu karena bisa dibilang kelompok terakhir. Setelah selesai ber yel-yel kami semua diarahkan menuju para panitia untuk pemeriksaan barang-barang. Tak lama kemudian kami diarahkan menuju tempat peristirahatan, yang putri menuju wisma putri dan yang putra menuju wisma putra. Istirahat.

Setelah kami semua selesai beristirahat, kami langsung menuju aula untuk mendapat materi dari ketua jurusan, Ibu Sriningsih, berupa perkenalan sejarah singkat awal berdirinya Fakultas Sastra. Materi selanjutnya sampai larut malam, kami sempat diputarkan beberapa film karya teman-teman IMASIND ( Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesisa ) yang paling saya ingat yaitu film yang berjudul ''BUNGA JALANAN''. Dan dilanjutkan dengan film-film lainnya hingga akhir. Acar nonton film berakhir waktunya kami kembali ke wisma masing-masing. Kami semua langsung tertidur pulas. Hari ini cukup melelahkan.

Sekitar jam 4 pagi kami bangun untuk menjalankan ibadah sholat subuh, lalu dilanjut olahraga pagi lengkap menggunakan training dan kaos PK2 maba dan atribut lainnya. Setelah kami capek berolahraga ria, sarapan pagi sudah menunggu. Sehabis sarapan kami berganti pakaian batik dan kembali menuju aula untuk menerima materi.

Setiap kelompok diberikan tugas untuk menampilkan karya seni yang bertema kebudayaan dengan waktu 90 menit. Untuk menentukan karya apa yang akan ditampilkan setiap pendamping wajib memberikan saran atau sumbangan ide. Kelompok ku menampilkan sebuah drama yang berjudul Bhineka Tunggal Ika. Setelah diskusi selesai, waktunya isoma ( istirahat sholat makan ). Kemudian gladi resik setiap kelompok yang akan menampilkan karya sastra. Setelah selesai acara berlanjut untuk menampilkan karya dari masing-masing kelompok.

Urutan ke 3 kelompok ku untuk tampil. Malam ini adalah malam kami untuk menunjukkan kemampuan dan bakat nya dalam bentuk karya. Semua kelompok tampil dengan sukses. Semakin malam suasana semakin ramai dan tentu saja rasa kantuk mulai terasa. Setelah acara selesai, kami semua menuju wisma masing-masing dan kami semua melepaskan lelah, tidur pulas.

Tepat tengah malam kami tiba-tiba dibangunkan untuk melakukan jelajah malam. Malam itu suasana begitu dingin dan hujan turun membasahi Garahan. Kami semua memakai jas hujan. Disinilah mental kami diuji. Saat itu kami dibekali lillin dan senter untuk alat penerangan. Setiap kelompok hanya mendapat satu senter dan dua buah lilin, setelah itu kami harus melewati beberapa pos. Hujan yang turun semakin deras dan udara tambah dingin menusuk kulit. Malam itu, kami hanya memikirkan bagaimana caranya kelompok kami kompak. Sesampainya di pos, yang menurut saya sangat menguji mental, di situ kepemimpinan kelompokku diuji. Lalu kami melanjutkan menuju pos yang terahir. Disinilah kami mendapat wawasan dan ketenangan.

Setelah penjelajahan usai, kami semua menuju ke lapangan dan membuat barisan yang melingkar dan menyanyikan lagu syukur diiringi puisi yang di kumandangkan kakak panitia. Sungguh kami bersyukur sangat bangga menjadi mahasiswa Sastra Indonesia. Selama 3 hari mengurai cerita kebersamaan yang tidak terlupakan. Salam Imasind.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar